Rabu, 27 Maret 2013

Bagaimana agar mata tetep melek? Berikut caranya!



Rasa kantuk sangat penting memang, bayangkan jika kita sama sekali tak pernah ngantuk? Bukankah kita akan mengalami kesulitan tidur (insomnia)? Namun kantuk juga akan menjadi pengganggu jika datangnya bukan pada waktunya, seperti saat kita sekolah, belajar, membaca alqur’an, menyimak pengajian atau ketika sedang garap tugas di depan komputer.  Nah temen temen yang sering mengalami serangan kantuk saat sekolah, belajar maupun ngaji, cara ini bisa di praktekkan untuk mengusir kantuk itu,

1. Mengatur pola makan.
 
Makanlah makanan yang mudah dicerna agar suplay energi tidak telat. Jika makanan yang dimakan terlalu banyak mengandung serat maka energi tubuh akan habis untuk mencerna makanan tersebut dan membuat anda merasa ngantuk saat belajar.

2. Bayangkan hasil dari kegiatan bekerja atau belajar itu.

Dengan demikian emosi anda akan semakin terbakar untuk melakukan suatu pekerjaan dan jauh dari rasa kantuk.

3. Programlah pikiran bawah sadar Anda dengan cara self talk (bicara pada diri sendiri, membatin terus).

berbicara pada diri sendiri atau self talking yang harus dilakukan adalah “Saya tidak akan tidur waktu bekerja” atau “Saya selalu terjaga dalam belajar!”.lakukan lah secara sering sehingga akan memprogram alam bawah sadar anda untuk melawan ketika anda sedang merasa ngantuk.

4. Mengatur posisi duduk siap untuk bekerja atau belajar.

Posisi tubuh akan mempengaruhi rasa kantuk yang muncul. Usahakan tidak sambil tiduran dalam belajar atau menyandarkan kepala. Meskipun hal ini dibutuhkan ketika waktu senggang dalam belajar agar membuat tubuh rileks tetapi jika semua waktu belajar dilakukan dengan posisi tiduran maka yang terjadi adalah anda mengalami rasa kantuk lebih cepat.


5. Mematahkan Pola Kantuk.

Ketika pola kantuk sudah mulai terlihat. Misal menguap. Jangan langsung bersandar. Lawan lah dengan bergerak aktif sehingga gejala kantuk terpatahkan.


6. Yang juga cukup penting adalah : Tehnik mematahkan pola (pikir dan kebiasaan).

Sebab, hampir semua inovasi, penemuan baru, dan hal-hal yang berkaitan dengan kreativitas, diawali dengan keberanian “mematahkan” pola lama, dan mengantinya dengan pola baru. Adalah tidak mungkin ingin mendapatkan sesuatu yang baru, tetapi masih dengan cara (pola) pikir lama. Demikian halnya dengan pola kantuk yang pada akhirnya (hasilnya) tidur, maka sebelum kebablasan tidur, maka polanya harus diputus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar